Search This Blog

Friday, November 23, 2012

Suara Hati dalam Separuh Aku ( NOAH)

Kalian pastinya sudah tau bukan Band yang fenomenal ini ????? yups Noah yang dulunya bernama PETERPAN ini sudah ngeluarin lagu baru loh " SEPARUH AKU".....

Taukah kamu????
 dalam lagu ini  kita di suruh dengerin suara hatinya si Vokalis!!!!. bayangin deh bisa gak???
pastinya buat orang awam seperti kita gak bisa donk. emank kita orang pinter gitu????
Adanya kita tuh bisa dengerin lagunya. hehehehe

taukah kumu????
 bagaimana kita bisa mendengarkan suara kang mas Aril yang merdu ini???

let's learn more!!!!

    Untuk dapat mendengar kita pastinya butuh alat pendengaran donk. Yups alhumdulillah ya kita diberikan Allah Telinga untuk mendengar.
Suara-suara yang kita dengar termasuk dalam bunyi. Bunyi disebabkan karena adanya sumber bunyi, media penghantar gelombang suara serta adanya reseptor penerima informasi tersebut. Sumber bunyi akan menghasilkan tekanan gelombang suara.


Pendengaran dapat terjadi dalam dua cara

  1. Bunyi yang dihantarkan melalui telinga luar dan tengah yang terisi udara berjalan melalui konduksi udara
  2. Bunyi yang  dihantarkan melalui tulang secaralangsung ke telinga dalam dengan cara kondulsi tulang. Normalnya konduksi udara merupakan jalur yang lebih efisien, namun adanya efek pada membran timpani atau terputusnya rantai osikulus akan memutuskan konduksi udara normal dan mengakibatkan hilangnya rasio tekanan suara dan kehilangan pendengaran konduktif.
Bagaimana bunyi dapat terdengar oleh kitaa???

  • Proses mendengar diawali dengan ditangkapnya energi bunyi oleh daun telinga, dalam bentuk gelombang yang dialirkan melalui udara atau tulang ke koklea. Daun telinga berfungsi untuk menangkap serta menghimpun gelombang bunyi yang datang dari luar.
  • Bunyi diteruskan ke liang telinga dan yang menyebabkan naiknya tekanan akustik sebesar 10-15 dB pada membran timpani.
  • Setelam mencapai membran timpani, getaran diteruskan ke telinga tengah. Dalam telinga tengah, energi bunyi mengalami amplifikasi melalui rangkaian sistim rangkaian tulang pendengaran
  • Setelah di amplifikasi, energi tersebut akan diteruskan ke stapes, yang menggerakkan tingkap lonjong sehingga perilimfe pada sakla vestibuli bergerak.
  • Getaran diteruskan melalui membran reissner, yang mendorong Endolimfe, sehingga akanmenimbulkan gerak relatif antara memban basilaris dan tektoria. proses ini , merupakan rangsangan mekanik yang menyebabkan terjadinya defleksi stereosilia sel-sel rambut, sehingga terjadi pelepasan ion-ion bermuatan listrik. 
  • keadaan ini, menimbulkan proses depolarisasi sel rambut sehingga melepaskan neurotransmiter ke dalam sinaps dan menghasilkan potensi aksi yang kemudian diteruskan ke serabut-serabut menuju nukleus koklearis sampai ke korteks pendengaran.

No comments:

Post a Comment