Search This Blog

Saturday, November 10, 2012

FOTOSINTESIS

Mengapa materi ini perlu dipelajari????
Materi ini mempelejari bagaimana kloroplas tumbuhan menangkap energi cahaya yang telah menempuh jarak 160 juta kilometer dari matahari dan mengubahnya menjadi energi kimiawi yang disimpan dalam gula dan molekul organik lainnya
Apakah fotosintesis itu???
        Fotosintesis merupakan proses yang dilakukan oleh tumbuhan hijau dalam menggunakan energi cahaya untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi gula sederhana yaitu glukosa. Istilah fotosintesis berasal dari kata foto yang berarti cahaya, dan sintesis yang berarti menggabungkan. fotosintesis merupakan sumber energi untuk berbagai kegiatan organisme. Hasil pentingnya adalah oksigen yang diperlukan oleh organisme.



Kegunaan fotosintesis
  1.  Dapat mengubah energi cahaya menjadienergi kimiawi (ATP dan NADPH)
  2.  Mengubah karbondioksida hasil respirasi menjadi karbohidrat yang dibutuhkan oleh semua organisme hidup.
  3. menghasilkan oksigen yang sangat diperlukanoleh setiap organisme aerob.
  4. menghasilkan kerangka karbon yang menjadi bahan dasar pembentuka senyawa-senyawa organik lain 
Kloroplas merupakan tempat fotosintesis pada tumbuhan
     Semua bagian yang berwarna hijau pada tumbuhan, termasuk batang hijau dan buah yang belum matang memiliki kloroplas, namun daun merupakan tempat utama berlangsungnya proses fotosintesis pada sebagian besar tumbuhan. Kloroplas dibatasi oleh membran rangkap yang diferensial permiabel dan mengatur laulintas molekul keluar masuk kloroplas. di dalam kloroplas terdapat matrik yang disebut stroma. Didalam stroma terdapat tilakoid yang mengandung pigmen. tilakoid yang membentuk tumpukan disebut grana.
Fotofosforilasi siklik dan nonsiklik(reaksi terang)
1. fotofosforilasi non siklik
    pada transport elektron non siklik terjadi arus elektron bersamaan di dalam tilakoid yaitu pada Fotosistem II, fotosistem I dan fotolisis air, sehingga dihasilkan ATP dan NADPH2. Aliran elektron dari air ke feredoksin melalui pembawa elektron memerlukan keikutsertaan kedua sistem pigmen dan menghasilkan ATP.
2. Fotofosforilasi siklik
    Disebut siklik bukan berarti bentuknya siklik melainkan karena elektronnya kembali kesumber semula yaitu P 700 atau FS I. Kloropla menerima cahaya dengan panjang gelombang diatas 680 nm. Pada kondisi ini hanya FS I yang diaktifka dan elektron tidak diambil dari air, sehingga tidak terbentuk oksigen. Elektron mengalir dari P 700 ke feredoksin. Fd tidak mampu meneruskan elektron ke NADP sehingga elektron diserahkan ke sitokrom b6. sitokrom b6 selanjutnya menruskan elektron melalui sitokrom f dan plastosianin ke P 700. Sintesis ATP terjadi antara feredoksin dan Sitokrom b6 dan antara sitokrom b6 dan sitokrom f. FS I menghasilkan ATP tanpa memberikan elektron untuk mereduksi NADP. berikut adalah skemanya;

Reaksi Gelap Fotosintesis
Reaksi gelap berlangsung di stroma. Reaksi ini pada prosesnya tidak tergantung pada adanya cahaya tetapi tergantung pada suhu. Energi dalam bentuk ATP dan NADPH, yang dihasilkan pada reaksi cahaya digunakan unutk mereduksi karbondioksida menjadi karbohidrat. Karbondioksida berdifusi dari luar luardaun melalui stomata kedalam ruang antar sel , kemudian karbondioksida berdifusi ke dalam sel-sel mesofil hingga mencapai kloroplas . enzim yang membantu RuBP karboksilase. reaksi pertama merupakan  reaksi antara karbondioksida dengan RuBP menghasilkan asam nerkarbon tiga,yaitu 2 APG (Asam 3 fosfogliserat) dan selanjutnya sebagian APG diubah menjadi karbohidrat. karena senyawa pertama yang dihasilkan adalah senyawa berkarbon tiga, maka daurreaksi disebut daur C3.
Berikut adalah skema reaksi gelap :


1 comment: