Search This Blog

Tuesday, November 13, 2012

DEMO MAHASISWA KEKURANGAN PROTEIN


                Pada suatu hari kehidupan mahasiswa yang aman tentram dan damai terusik oleh sesuatu yang dahsyat, tajam setajam silet. Kenapa bisa begitu ?????? langsung saja ke TKP.
tRNA 1  : He rek..,rek ada masalah gawaaaaaaaat!!!!!
tRNA 3  : ada masalah apa siiiih???? Heboh buanget!!!
tRNA1   : mahasiswa kekurangan protein teman- teman !
tRNA 4  : whatt!!! Ayo la[por saja ke rektor DNA
tRNA 2  : iya ayoo, masak gak ada perhatian sama sekali . mereka kan bisa sintesa protein!!!
tRNA     : ya sudah ayo brangkat gak usah banyak cincong! Kita demo saja, SETUJU !!!!
semua  : SETUJUUUUUU!!!!
Para mahasiswa akhirnya pergi ke kantor kromosom untuk menyampaikan aspirasinya.
Semua  : PROTEIN.......PROTEIN........PROTEIN !!!!!
tRNA5   : kami menuntut dilakukannya sintesa protein !
Rektor DNA        :  walah-walah ini ada apa???
tRNA1   : mahasiswa kekurangan protein pak!!!! Galau!!!!!
Rektor DNA        : halah masal gitu ajah kug, gampang lahberes pokoknya .


tRNA4   : jangan gampang-gampang ajah pak gawat ini!!!!
Rektor DNA        : iya, pastisaya urus masalah ini janji !!!
tRNA2   : kami gak butuh janji tapi bukti !!!
rektor DNA         : iya, sudah-sudah pulang saja nanti saya urus.
tRNA5   : kalu tidak diurus kami mau demo lagi. SETUJU teman-teman!!!
Semua  : SETUJU!!!!!
Akhirnya para mahasiswapunpulang dan Rektor DNA melaksanakan tugasnya
Rektor DNA           : haduh- haduh nasib jadi rektor DNA yang membawa informasi genetika. Salah satu tugasku adalah mensintesa protein. Oke sebelum aku mensintesa aku akan mereplikasi diriku . untung aku dibantu oleh dua temanku yaitu ligasedan polimerase. Setelah proses replikasi telah selesai sekarang waktunya aku melakukan transkripsi diriku menjadi mRNA yang membawa kodon-kodon. Akhirnya poses transkripsi sudah selesai. Sekarang waktunya pembantu rektor ribosom untuk melanjutkan proses selanjutnya.
Rektor DNA telah selesai melaksanakan tugasnya, tugas sintesa selanjutnya dilimpahkan ke PR ribosom
PR ribosom            : aku adalah PR ribosom. Akulah tempat mentranslet dan merangkai asam amino menjadi protein. Aku menggenggam sub unit besar di tangan kiriku dan sub unit kecil di tangan kananku.
Waktunya para praktisi tRNA beraksi dalam mentransfer anti kodon sebagai rangkaian proses sintesa protein
tRNA 1     : hay aku tRNA yang membawa antikodon untuk kodon start. Aku membawa antikodon UAC dan asam amino Metionin. Sekarang aku akan pergi keribosom untuk mencocokkan
ribosom : wah antikodonmu cocok selamat,,,,,
praktisi selanjutnya
tRNA 3     : hay aku tRNA yang membawa antikodon di tangan kananku dan asam amino di tangan kiriku. Antikodonku GCU dan asam aminoku arginin. Oke langsung saja waktunya mencocokkan. Wah ternyata tidak cocok. Emmm aku harus pergi. Sedih banget.
Ternya antikodon yang dibawa opleh tRNA 4 tidak cocok dengan kodon yang ada di ribosom sehingga iya harus pergi dan dilanjutkan oleh praktisi berikutnya.
tRNA2      : hayyy aku sejenis dengan mereka , namun antikodon dan asam amino yang aku bawa berbeda.  Antikodonku UCU dan asam aminoku Arginin. Tanpa basa-basimari di cocokkan.Yeeeacch. Ternya cocok
tRNA 3     : he...he...hee aku kembali lagi. Semoga kali ini antikodonku cocok amiiiien.................. wah ternyata cocok!!! Alhamdulilllah.
tRNA 4     : ehem... ehemmm.. kog pada g semangat yaaa. Biar semangat ayok nyanyi dulu.
Aha......aaa..aha.....aaa
Kepada kalian semua
Kuperkenalkan diri ini
Akulah si tRNA
Yang bertugas mentransfer...
 Tangan kananku membawa antikodon
Tangan kiriku membawa asam amino
Sesuai dengan laguku aku dalah tRNA yang membawa antikodon GCU dan as. Amino STOP. Yaitu asam amino penutup karena mendapatkan kodon stop
Waktunya PR ribosom merangkai asam amino
PR ribosom         : saya telah merangkai asam-asam amino dari metionin,glisin ,argini,dan di akhiri dengan stop, dan akhirnya terebntuklah PROTEIN. Berbahaghialah para  mahasiswa semua.
Proses sintesa protein telah selesai , kebutuhan protein telah terpenuhi. Mahasiswa hidup aman tentram dan damai.
      

No comments:

Post a Comment