Search This Blog

Friday, November 23, 2012

Buah Mengkudu "si Buruk Rupa jadi Primadona"

Kalian pasti sudah taukan buah mengkudu itu apa???
ituloh buah yang jelek banget. tapi asal kalian tau di balik kejelekannya itu, tersimpan hati yang bersih.
kenapa?????
karena buah mengkudu sangat kaya akan manfaat. Untuk lebih detailnya... yuk pelajari lebih lanjut.
     Buah mengkudu (Morindia citriolia L) di duga berasal dari Indonesia, oleh karena itu sering disebut juga Java Noni dan dikenal dengan sebutan Pace. Buah mengkudu dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Kingdom: Plantae (tumbuhan)
    Subkingdom: Tracheobionta (tumbuhan Berpembuluh)
      Super divisi : Spermatophyta ( menghasilkan biji)
        Divisi : Magnoliophita  ( tumbuhan berbunga)
          Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua / dikotil)
            Sub kelas : Asteridae
              Ordo : Rubiales
                 Famili: Rubiaceae (suku kopi-kopian)
                    Genus : Morinda
                       Spesies : Morinda citrifolia L

      Bentuk buah mengkudu sebesar buah Pir. Berwarna hijau disaat muda dan kekuningan disaat matang. Ciri lainnya permukaan kulitnya berbintil dan dipenuhi mata berwarna coklat kehitaman, rasanya sangat asam dengan aroma khas sangat tajam ketika tua dan matang. Tidak disangka, tanaman yang selama ini dikenal sebagai tumbuhan liar, buruk rupa, dan barbau busuk, kini telah menjadi primadona yang dicari. Kepopuleran mengkudu tidak terlepas dari hasil riset beberapa penelitian. hasilnya sungguh luar biasa, zat yang terkandung dalam mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

si Buruk Rupa Mengandung Senyawa Berkhasiat Obat
     Hasil suatu  penelitian menyatakan bahwa mengkudu ini mengandung senyawa-senyawa yang berkhasiat obat, bahkan semakin matang buah ini semakin banyak zat yang terkandung didalamnya.  Senyawa yang terkandung diantaranya, anthraquinone sebagai anti bakteri dan jamur, terpenten berfungsi untuk meremajakan sel tubuh, dammacanthel yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dan melawan pertumbuhan sel abnormal pada stadium pra kanker. Buah berkadar air 52% ini juga mengandung beragam vitamin, diantaranya asam askorba, asam kaproat, asam kaprik, dan asam kaprilat yang mampu menangkal radikal bebas penyebab kanker.
    Kepopuleran mengkudu semakin mendunia setelah Dr, Heil Solomon melakukan terapi terhadap 8.000 pasien. hasilnya sungguh sangat menggembirakan, pemberian sari mengkudu secara kontinyu memberikan korelasi pasitif terhadap penyembuhan penyakit kanker, jantung, mengontrol hipertensi, gangguan pencernaan, diabetes dan stroke. Selain itu, sari mengkudu dipercaya dapat meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh dan membantu penyembuhan tuberkulosis (TBC). Mengkudu juga kaya kan serat yang baik untuk saluran pencernaan. banyaknya manfaat yang dimiliki buah mengkudu membuat para ilmuwan menjulukinya sebagai "Magic Fruit" atau Obat Dewa. Sungguh si Buruk rupa yang bermetamorfosis menjadi Primadona.

 Tips membuat buah mengkudu segar dan mengurangi aroma mengkudu yang tidak enak

      Campurkan sari atau jus mengkudu yang sudah disaring dengan gula merah atau madu. simpan di tempat bersih, sejuk (lemari es) dan tertutup rapat selama max 2-4 hari, dan juspun siap diminum tanpa bau busuk yang menyengat dan rasanya menjadi segar manis. Proses penyimpanan ini dapat mengurangi asam askorbat,kaproat, dan kaprik penyebab bau busuk. namun ingat jangan menyimpan terlalu lama karena akan mengakibatkan terbentuknya senyawa alkohol yang memabukkan.

No comments:

Post a Comment